Strategi Manjemen Waktu
- Gunakan alat bantu
manajemen waktu
Sudah banyak dijual
alat-alat bantu manajemen waktu seperti agenda, to do list, dan sebagainya.
Dari yang berbentuk buku hingga alat elektronik seperti PDA, smartphone, tablet
PC. Gunakan alat-alat tersebut, jangan ragu untuk menggunakannya karena alat-alat
tersebut sangat membantu kita mengatur waktu.
- Prediksi berapa
lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas
Ketika kita akan
mengerjakan sesuatu atau ketika merencakan sesuatu, kita harus mengetahui
kira-kira seberapa lama waktu yang diperlukan, sesuaikan dengan kemampuan kita
dalam menyelesaikan tugas tersebut, jangan membuat prediksi yang tidak sesuai
dengan kemampuan kita karena hal ini malah dapat menimbulkan masalah lain.
- Mengetahui kapan
suatu tugas harus diselesaikan
Menetukan target waktu
dan proses pencapaiannya dalam suatu rencana. Seperti pada point pertama, kita
mengerjakan sesuai prioritas, kita harus mengetahui kapan suatu tugas harus
diselesaikan dan mana tugas yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan mana yang
bisa di tunda. Sediakan waktu untuk menyusun kembali rencana di pagi hari dan
disiplinlah sesuai rencana-rencana tersebut.
- Kita tidak bisa
mengerjakan dua tugas dalam waktu bersamaan
Fokus, salah satu hal
yang penting dalam manajemen waktu adalah fokus pada satu tugas. Kita tidak
akan bisa mengerjakan dua atau lebih tugas sekaligus dengan tingkat perhatian
yang sama, yang mungkin bisa dikerjakan adalah “multitasking” tetapi kita tetap
mengerjakan satu hal pada satu waktu. Multitasking sebenarnya adalah suatu seni
didalam melakukan delegasi wewenang dan tugas.
- Hindarkan untuk
terpaku pada lama waktu yang telah kita rencanakan
Ketika kita merencakan
untuk menyelesaikan suatu tugas didalam waktu tiga jam (contoh 3 jam),
hindarkan kita untuk selalu berpaku pada waktu 3 jam itu untuk
menyelesaikannya, jika kita bisa menyelesaikannya dalam waktu 2 jam, akan lebih
baik. Sehingga kita bisa melanjutkan untuk tugas selanjutnya.
- Keep it simple
Tips manajemen waktu
yang lain adalah selalu bersikap efisien. Jangan melakukan sesuatu yang bisa
membuat rumit/susah yang malah
menghabiskan waktu. Jika suatu tugas dapat dibuat sederhana mengapa harus
dibuat sulit, mudahkan maka kita akan menemukan waktu yang lebih banyak.
Syarifudin
Strategi Manjemen Waktu Gunakan alat bantu manajemen waktu Sudah banyak dijual alat-alat bantu manajemen waktu seperti agenda, ...
Artikel Terkait :
Diberdayakan oleh Blogger.
Click here for comments 0 komentar: